Saturday 31 January 2015

Permainan asah memori anak

1.      Jumlah peserta                : 5 anak + 1 orang dewasa (pendidik)
2.      Usia                               : 2,5-4 tahun
3.      Materi                            : Kain penutup, Lagu pengiring
4.     Target                            : Memancing memori anak untuk menebak siapa di antara teman mereka yang sembunyi di balik kain penutup
5.   Peraturan permainan      : Anak-anak berdiri dan saling bergandengan tangan membentuk lingkaran. Pendidik menjelaskan peraturan permainan.
-        Anak- anak berbaring dengan wajah ke lantai dan menutup mata
-        Anak yang di bawah kain penutup harus tetap diam tidak bersuara
-        Anak-anak yang lain tidak diperbolehkan menyentuh kain penutup
-        Harus ada jarak yang cukup antara satu anak dengan anak yang lain
Kita mulai permainannya:
-   Pendidik menyanyikan satu lagu dan meminta anak-anak berbaring di lantai,  wajah menghadap ke bawah dan kedua mata ditutup
-       Sambil bernyanyi, pendidik memastikan apakah setiap anak sudah menutup mata dengan baik
-        Pendidik akan memilih satu anak dan menutupinya dengan kain
-       Sambil bernyanyi dan menyerukan agar anak-anak buka mata dan berdiri kecuali anak yang ditutupi kain harus tetap berbaring di lantai
-        Anak-anak akan mencoba menebak siapa teman yang berada di bawah kain penutup
-    Permainan akan selesai ketika mereka berhasil menebak ataupun ketika anak-anak tidak berhasil menebak, pendidik akan membantu mereka dengan pertanyaan mudah
6.      Kesulitan                  :
-        Anak-anak sangat antusias dan meminta untuk dipilih dan ditutupi di bawah kain.
-        Anak-anak sulit untuk terus menutup mata, kadang ada anak yang penasaran untuk melihat siapa anak yang ditutupi oleh pendidik
7.      Alternatif                 : permainan ini bisa dilakukan dengan benda lain. Misalnya dengan memilih 5 objek berbeda dan simpan satu objek di dalam kain. Kemudian minta anak untuk menebak objek yang disembunyikan.
Selamat bermain J


No comments:

Post a Comment