Wednesday 11 February 2015

Anak membuang makanan

Penting bagi anak anda untuk tahu cara makan. Mungkin awal-awal akan kacau. Anda tidak akan nyaman melihat semua berantakan, tetapi hal ini merupakan bagian dari usaha anak anda menjadi mandiri. Apabila anda tidak ingin waktu makan berubah menjadi waktu yang buruk, maka jangan hukum anak anda ketika dia tidak ingin makan atau makanan berantakan kemana-mana.

Sebenarnya kenapa anak membuang makanan?

Beberapa anak lebih tertarik dengan mainan daripada makanan atau mereka memiliki kesulitan untuk duduk tenang dalam waktu tertentu sehingga reaksi yang mereka tunjukkan adalah dengan membuang makanan.
-     -  Mungkin ini adalah tanda kalau anak anda sudah kenyang dan ingin selesai makan. Coba untuk tidak pusing dengan seberapa banyak dia makan: dia makan berarti dia lapar. Jangan berikan dia makanan manis atau cemilan terlalu berat selama dua jam sebelum makan, kalau tidak dia pasti tidak akan lapar lagi saat waktunya makan.
-      - Dia mencoba mencari perhatian anda. Cobalah beri perhatian pada anak anda dan berikan pujian saat dia membuat gerakan yang baik.

Bagaimana caranya mencegah agar anak tidak membuang makanan?

-    - Tarik piring yang ada di depannya secara berkala saat dia ingin membuang makanan dan anda bisa katakan bahwa membuang makanan tidak baik. Dia akan perlahan mengerti bahwa tidak dibenarkan membuang makanan. Cobalah bersabar :)
    - Ajak anak anda untuk ikut membantu anda membersihkan makanan yang berantakan.

No comments:

Post a Comment