Monday 14 December 2015

Buku puisi (Anti)Paspor

Buku kecil yang satu ini memiliki bentuk yang sama dengan paspor asli, bahkan warna halamannya juga dipilih sesuai dengan warna-warna paspor di seluruh dunia. Namun saat anda membukanya, anda tidak akan menemukan bekas cap atau stempel petugas imigrasi di setiap halamannya. Lho kenapa begitu? Bukannya paspor biasanya dihiasi dengan visa, cap atau stempel dari petugas imigrasi negara-negara yang kita kunjungi? Jangan salah, paspor satu ini justru adalah anti visa, anti cap atau stempel. Sebaliknya anda akan menemukan teriakan kebebasan di dalamnya. Anda akan dibawa terbang menuju negara yang ingin anda kunjungi tanpa harus mengurusi tetek bengek birokrasi keimigrasian. Dengan rangkaian indah syair penulisnya, anda akan terbuai dalam gelombang indah laut mediterania bukan dengan status pengungsi perang, namun sebaliknya sebagai manusia merdeka yang bebas menyeberang kemana saja anda mau.
Buku kecil ini adalah puisi kemanusiaan penyairnya, Antoine Cassar. Dia adalah seorang penyair keturunan Malta yang besar di London, pernah tinggal lama di Luxemburg dan saat ini dia kembali ke kampung halamannza di Malta. Setelah sebelumnya berhasil diterjemahkan ke dalam tujuh bahasa, puisi ini saya terjemahkan dari bahasa Inggris dan Perancis ke dalam bahasa Indonesia, sehingga pesan kemanusiaan yang kuat di dalamnya bisa terbang dan di dinikmati oleh pecinta puisi dan sastra di Indonesia. Anda bisa mengakses http://passaportproject.org/ dan bisa memesan puisi Paspor ini dengan pilihan warna halaman kesukaan anda. Keuntungan dari penjualan buku ini akan didonasikan kepada organisasi lokal di Jakarta yang mendukung para pengungsi dan pencari suaka.
Buku kecil ini sudah dipresentasikan dan dibacakan pada akhir bulan Oktober 2015 dalam acara Ubud Writer Festival di Bali. Buku kecil ini cocok untuk anda para pecinta puisi dan sastra, para perantau dan petualang yang sering dihadapkan dengan masalah pengurusan visa dan paspor, dan para pecinta kemanusiaan. Selamat membaca :)

No comments:

Post a Comment